Langsung ke konten utama

Cara buat "Readmore" pada Blogger

Cara buat "Readmore" pada Blogger

Banyaknya permintaan mengenai cara buat readmore membuat saya tetap mengharuskan artikel ini ditulis. walaupun tutorial cara buat readmore sudah banyak ditulis oleh rekan blogger, sayangnya penjelasan yang diberikan kadang tidak mudah dimengerti dan malah membuat bingung, untuk itu tidak ada salahnya saya juga menulis artikel ini sebagai pelengkap agar mempermudah blogger baru bisa lebih mengerti cara membuat readmore serta cara penggunanan kode readmore pada posting.


Mungkin rekan blogger yang baru mulai membuat blog masih bingung apa itu readmore? Readmore adalah pemenggalan kalimat pada posting suatu halaman, Pemenggalan halaman posting biasanya ditandai dengan "Read More", "Next", "Baca Selanjutnya", "Baca berikutnya", "Selengkapnya" atau apalah namanya :). Readmore biasanya digunakan untuk menandai bahwa kalimat pada posting masih mempunyai kelanjutan, dan juga berguna mempersingkat halaman posting yang panjang. Pengen tau cara buatnya?



Contoh ReadMore :



Pernah menemukan pesan seperti diatas?...jika pernah jangan panik, ini hanya pesan pemberitahuan dari blogger kalau layanan sedang melakukan perbaikan maintenance pada server. pesan ini hanya berlangsung kurang lebih beberapa menit setelah itu akan normal kembali. Semoga informasi ini membantu :)Readmore.. »



Untuk membuat readmore ikuti langkah dibawah ini :


Langkah Pertama:


Buka Template - Edit HTML - Berikan tanda centang pada "Expand widget template"



Langkah Kedua:


Jangan Lupa backup blogger dengan mengklik "dowlnoad template lengkap"



Langkah Ketiga:

Cari kode dibawah ini:

<div class='post-header-line-1'/> <div class='post-body'>

Tips : Untuk mempermudah pencarian kode diatas sebaiknya ikuti tips berikut ini. pertama kamu buka program text editor misalnya notepad.exe ( Pada MS Windows tekan menu Start -> Proggram -> Accessories -> Notepad) kemudian kopy/paste kode HTML tadi ke notepad. kemudian pada notepad pilih Menu Edit -> Find. pada box find masukan kode ini <div class='post-header-line-1'/> kemudian klik tombol Find next. (jika masih gak ketemu terpaksa kita melakukan pencarian secara manual)

Jika sudah menemukan kode diatas, Copy-Paste kode dibawah ini kemudian letakan kode tersebut dibawah kode diatas.




<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>


Kemudian dibawah kode diatas kita akan menemukan kode:

<p><data:post.body/></p>


Lakukan Copy-Paste kode dibawah ini dibawah code diatas

<a expr:href='data:post.url'>Readmore »»</a>
</b:if>



Tips: Kode Readmore diatas bisa ganti dengan kalimat sendiri (contoh "Baca Selanjutnya", "Baca berikutnya", "Selengkapnya")

Kode selengkapnya jika dilihat akan tampak sebagai berikut:

<div class='post-header-line-1'/>
<div class='post-body'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<a expr:href='data:post.url'>Readmore »»</a>
</b:if>
<div style='clear: both;'/>

Jika kita mengedit langsung pada halaman blogger Edit HTML dan semua kode diatas sudah dilakukan perubahan, jangan lupa disimpan ya :)


Ini jika kita menggunakan Text Editor Notepad : Setelah melakukan pengeditan kode pada notepad, lalu hapus semua kode yang ada pada halaman edit blogger, kemudian masukan seluruh kode pada notepad tadi dengan cara copy/paste) Sampai disini pengeditan kode selesai, jangan lupa disimpan.


Langkah Empat

Setelah kode diatas disimpan kita kembali dan masuk ke tab Pengaturan -> Format -> cari "Post Template" Kemudian pada kotak masukan kode dibawah ini

<div class="fullpost">
</div>

Jangan lupa disimpan :)


Langkah Kelima :

Disini saya akan menjelaskan cara penggunaan readmore pada halaman posting. Ketika kita melakukan posting pertama kali kita akan melihat kode:

<div class="fullpost">
</div>

ingat jangan hapus kode diatas karena kode tersebut merupakan kode yang akan kita gunakan dalam pemenggalan posting nantinya.


Sebagai contoh lihat cuplikan kalimat dibawah:

Tips of the day merupakan tips singkat yang akan disampaikan kepada pengunjung seriap hari, Tips ini bisa berisi apa saja, bisa berupa Tips Bisnis, Tips memasak, Tips merawat mobil, Tips money online, Tips bercinta atau apalah terserah :), Asal jangan tips blogging karena dah punya om hehehe (emang siapa om ya :). (Dini rencana text yang akan dipenggal) Sebenarnya Tips of the day disini cuma istilah saja...tips yang akan kita buat nanti bukan disampaikan setiap hari melainkan tips ini akan berganti ketika pengunjung melakukan refresh atau reload pada halaman blog.


Bagaimana cara pemenggalan kode diatas? caranya tinggal kamu lihat 2 kode pemenggalan kalimat dibawah (ingat kode hanya bekerja pada halaman editor posting)

Tips of the day merupakan tips singkat yang akan disampaikan kepada pengunjung seriap hari, Tips ini bisa berisi apa saja, bisa berupa Tips Bisnis, Tips memasak, Tips merawat mobil, Tips money online, Tips bercinta atau apalah terserah :), Asal jangan tips blogging karena dah punya om hehehe (emang siapa om ya :). <div class="fullpost"> Sebenarnya Tips of the day disini cuma istilah saja...tips yang akan kita buat nanti bukan disampaikan setiap hari melainkan tips ini akan berganti ketika pengunjung melakukan refresh atau reload pada halaman blog.</div>


Jadi hasil posting pada halaman browser akan tampai sebagai berikut:

Tips of the day merupakan tips singkat yang akan disampaikan kepada pengunjung seriap hari, Tips ini bisa berisi apa saja, bisa berupa Tips Bisnis, Tips memasak, Tips merawat mobil, Tips money online, Tips bercinta atau apalah terserah :), Asal jangan tips blogging karena dah punya om hehehe (emang siapa om ya :). Readmore »»


Selamat mencoba :)

salam blogger Indonesia




Komentar

vanerickson mengatakan…
wah... :-o
gimna aku pengen belajar ngeblog kaya kamu mas ;))
maklum lah..ane masih gaptek uy.. :(
aku mau bikin blog kayak kamu mas :)
caranya gimna :-/ bingung nieh.. ~x(
templatenya pusing 8-}
he...he....belajar di blog mu ^_^ aku mas....
he...he...berkunjung :b:

Artikel Terkait

Postingan populer dari blog ini

Income Dollar dari Image Space Media

Nah kali ini saya mau sharing sebuah cara dapat dolar dengan Image Space Media. Lantas apa itu Image Space Media?
Image Space Media adalah sebuah jaringan periklanan internet melalui gambar (images). Kalau blog anda banyak postingan yang menggunakan gambar-gambar, sudah pasti akan sangat menguntungkan dan anda bisa peroleh income dolar sangat besar dengan mengikuti Image Space Media.
Image Space Media sangat unik! Iklan akan muncul dari setiap gambar yang ada di blog anda jika mouse diarahkan ke gambar tersebut. Kalau iklan tersebut di-klik oleh pengunjung maka itu berarti anda dapat dolar.
Cara menjadi publishernya sangat gampang, anda tinggal mendaftarkannya disini. Dan jika disetujui maka anda tinggal meletakkan script iklannya di blog anda.
Cara meletakkan script Image Space Media di blog anda sangat mudah. Anda cukup letakkan script Image Space Media di template atau theme blog anda seperti ini:

<body>
Script Image Space Media disini
</body>

Biasanya iklan Image Space Media t…

Promote Burner - Membayar setiap Pengunjung Blog

Promote Burner adalah situs yg membayar kita per pengunjung tanpa perlu mengklik iklan dari situs mereka atau biasa disebut CPM ( cost per impression ) .. Promote Burner ini sejenis paidtopromote tp bedanya situs ini lbih bersahabat buat blog berbahasa Indonesia seperti blog saya ini karna kita di bayar bkn seperti paid to promote yg hanya membayar apabila blog kita di kunjungi oleh orng luar ( inggris, Amerika, Kanada, Australia dll ) tetapi situs ini membayar semua pengunjung yg masuk k'blog kita termasuk orng Indonesia ( contoh iklannya bisa di lihat di blog saya di bawah feed burner ) ..
sekedar info saja dalam 3 hari earning saya sudah sampai $10 !! sistem pembayaran situs ini sama sperti paid to promote mereka membayar kita instant setiap bulan ke akun paypall ... So buat sobat blogger tunggu apalagi buat semua pengunjung sobat menjadi dollar .. semakin banyak pengunjung semakin banyak dollar yg masuk ke saku Paypall sobat ..
Kalu sudah gajian makan" ya ... :)

Paid to Promote - Tambahan Uang dari Blog

Paid to promote ini adalah salah satu cara dimana kita memungkinkan mendapatkan $5/hari hanya dengan blog gratisan dan artikel copy paste(saat ini saya baru mencapai $2/hari) . Paid to promote adalah cara uangkan blog hanya dengan menyisipkan kode iframe yang nantinya akan menjadi banner di blog kita, dan setiap kali blog tersebut tampil atau blog kita di kunjungi orang (tanpa perlu di klik) orang dari amerika, inggris, kanada dan australia maka kita akan mendapatkan uang. jika ada 1000 pengunjung dari 4 negara tersebut kita akan mendapatkan $4, dan $2 untuk 1000 kunjungan dari negara Austria, Belgium, Denmark, Finland, France, Germany, Iceland, Italy, Netherlands, New Zealand, Spain.nah berikut ini panduan paid to promote:
1. pertama tama anda harus punya blog yang kebanyakan pengunjung dari luar negeri terutama amerika, inggris, kanada dan australia. 2. Nah setelah anda punya blog minimal di blogspot anda bisa daftar paid to promote di SINI

3. setelah anda daftar maka anda bisa masuk…